Translator

Search

Bookmark and Share

10/04/11

KEBIASAAN TUJUH : ASAHLAH GERGAJI




Kebiasaan tujuh adalah kebiasaan pribadi, kebiasaan ini memelihara dan meningkatkan aset terbesar yang kita miliki, yaitu diri kita sendiri. Kebiasaan ini memperbaharui keempat dimensi alamiah kita yaitu fisik, spiritual, mental, dan sosial/emosional.
“Asahlah gergaji” pada dasarnya mengekspresikan keempat motifasi. Hal ini berarti menjalankan keempat dimensi sifat kita secara teratur dan konsisten dengan cara-cara yang bijaksana dan seimbang.
Proses pembaharuan diri harus mencakup pembaharuan yang seimbang  pada keempat dimensi sifat kita : fisik, spiritual, mental, dan sosial/emosional. Pembaharuan yang seimbang akan sinergik secara maksimum. Hal-hal yang dikerjakan untuk mengasah gergaji pada dimensi apapun memiliki dampak positif pada dimensi-dimensi lain karena mereka berhubungan sangat erat satu sama lain. Kesehatan fisik anda mempengaruhi mempengaruhi kesehatan mental anda, kekuatan spiritual anda mempengaruhi kekuatan sosial/emosional anda.
Tujuh kebiasaan manusia yang sangat efektif menciptakan sinergi optimum diantara dimensi-dimensi ini. Pembaharuan pada dimensi apapun meningkatkan kemampuan anda untuk menjalankan setidaknya salah satu dari tujuh kebiasaan tersebut.
Semakin proaktif anda (kebiasaan satu), semakin efektif anda dapat menjalankan kepemimpinan (kebiasaan 2) dan manajemen pribadi (kebiasaan 3) dalam hidup anda. Semakin efektif anda mengatur hidup anda, semakin banyak aktifitas pembaharuan kuadran II yang dapat anda kerjakan. Semakin anda berusaha untuk mengerti terlebih dahulu maka semakin efektif anda mengusahakan solusi menang/menang sinergik. Semakin anda memperbaiki kebiasaan apapun yang menghasilkan kemandirian semakin efektif anda nanti dalam situasi kesalingtergantungan. Dan pembaharuan adalah pembaharuan semua kebiasaan.




REFERENCE:
The 7 Habbits of Highly Effective People, Stephen R. Covey. Covey Leadership Center.